Solusi Pekerjaan dengan Memanfaatkan Excel

Solusi Pekerjaan dengan Memanfaatkan Excel

Hari ini ada berkas banyak sekali, harus diinput ke dalam aplikasi. Banyak data yang bisa dimanfaatkan, diaplikasi hanya dipake bebarapa field aja. Wah “eman-eman” ini. Untuk mengentri ke aplikasi juga membutuhkan waktu. Untung saat ini ada adik PKL… tinggal bagaimana menyederhanakan input di aplikasi. Akhirnya ambil keputusan datanya di buat excelnya dulu. Kenapa pake Excel, alasanya karena adik-adik ini pastinya sudah bisa mengoperasikan excel.

Walau dengan excel ternyata repot juga karena saking banyaknya data yang bermanfaat, akhirnya mencoba membuat form agar lebih mudah dalam entri datanya. Sedikit “ngoprek” dengan kode-kode berikut tahapannya (contoh dibawah ini hanya sebagian kecil bisa dikembangkan sendiri):

Pertama-tama kita buat worksheet dengan nama form dan data (gbr.1). Untuk worksheet form kita buat seperti gambar dibawah ini, colom yang warnanya berbeda (agak muda) hanya sebagai bantuan, nantinya akan di hidden.

Gbr.1

Kemudian tambahkan tombol kontrol melalui menu developer (gbr.2) setelah itu ganti captionnya dengan nama “simpan” dengan cara klik kanan tombol buttoncommand1, cari field caption kemudian diedit.(gbr.3)

gbr. 2

Setelah selesai kita siapkan worksheet “data” sebagai tempat menyimpan data yang kita inputkan. Buat mempercepat judulnya saya buat pake angka 1-6. Baris yang kedua yang berwarna hijau adalah mulai data kita entri kan.

gbr.3

Setelah form dan wadah data sudah siap, selanjutnya kita buat kode-kode perintahnya dengan cara klik menu developer, klik design mode (gbr.4 )

gbr.4

Setelah itu klik 2x tombol simpan, akan muncul jendela penulisan kode. (gbr.5)

 

tuliskan kode sperti dibawah ini :

Set info = Worksheets(“form”)

Perintah diatas digunakan untuk mengenalkan/memberi info worksheet dengan nama form.

Set dbs = Worksheets(“data”)

Perintah untuk mendeklarasikan worksheet data dengan nama dbs

Kemudian kita akan mencari data yang kosong dari atas untuk pengisian data selanjutnya dengan menambahkan no urut di kolom A, berikut perintahnya:

linenext = dbs.Cells(Rows.Count, “A”).End(xlUp).Offset(1, 0).Row

Kemudian kita akan baca data yang dientri di kolom D7 dan seterusnya. (gbr. 6 )

gbr. 6

berikut perintahnya:

dbs.Cells(linenext, 5).Value = Range(“D7”).Value

dbs.Cells(linenext, 6).Value = Range(“D8”).Value

dbs.Cells(linenext, 7).Value = Range(“D9”).Value

dbs.Cells(linenext, 8).Value = Range(“D10”).Value

dbs.Cells(linenext, 9).Value = Range(“D11”).Value

dbs.Cells(linenext, 10).Value = Range(“D12”).Value

kemudian setelah data yang dientri dikirim ke dbs dengan menekan tombol simpa, maka langkah selanjutnya menuliskan kode untuk membersihkan from agar siap untuk mengisi data kembali. Kodenya seperti berikut :

Range(“d7”).ClearContents

Range(“d8”).ClearContents

Range(“d9”).ClearContents

Range(“D10”).ClearContents

Range(“D11”).ClearContents

Range(“D12”).ClearContents

Setelah klik simpan akan kembali kosong dan siap untuk isi data lagi. Berikutnya kita lihat bahwa data yang kita input tadi sudah masuk seperti dibawah ini :

gbr. 7

Setelah selesai ditutup dengan end sub. Berikut kode lengkapnya :

Kasus seperti diatas dapat dipermudah dengan excel. Perlu di oprek lagi, untuk menyelesaikan masalah-masalah yang komplek. Terus belajar… semangaaat…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *