Billing Sistem Pajak

Billing Sistem Pajak

Sejak awal tahun sudah mulai disosialisasikan tentang kemudahan pembayaran pajak yang dapat dilakukan secara online melalui berbagai layanan bank/pos pada umumnya. Dengan adanya sistem pembayaran pajak secara elektronik pembayaran pajak dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Layanan pembayaran pajak secara elektronik (billing system) tersedia dan hadir di tengah masyarakat sebagai upaya Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk memberikan kemudahan, kecepatan dan keakuratan pembayaran pajak kepada para wajib pajak. Beberapa keunggulan dari system pembayaran elektronik ini :

  1. fleksibilitas waktu dan tempat
  2. kecepatan dalam proses pembayaran
  3. meminimalisir kesalahan entri data

Untuk memanfaatkan billing system, wajib pajak terlebih dulu harus melakukan registrasi online dan membuat akun baru di laman djponline. Untuk melakukan pendaftaran diperlukan alamat imel aktif, no HP dan efin. Efin dapat meminta ke kantor terdekat.

Setelah mendaftar di djponline, dan dilakukan pengaktifan Wajib Pajak baru bisa login ke laman djponline.pajak.go.id dengan username NPWP dan password yang dibuat waktu pendaftaran. Setelah login jangan lupa untuk mengaktifkan menu billing sistemnya di menu profil lengkap.

Tanggal 1 Juli 2016 Wajib Pajak harus bayar pajak dengan Billing System atau lebih populer dengan istilah e-Billing. Untuk itu, kepada semua Wajib Pajak disarankan untuk segera mencoba menggunakan e-Billing dalam membayar pajaknya, agar per 1 Juli 2016 sudah terbiasa bayar pajak dengan e-Billing dan memenuhi kewajiban perpajakannya tanpa kendala serta terhindar dari sanksi-sanksi perpajakan jika tidak memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai aturan yang berlaku. Ada 2 (dua) tahapan yang harus dilalui untuk melakukan pembayaran pajak dengan e-Billing, yaitu (1) Buat Kode Billing dan (2) Bayar Kode Billing yang telah dibuat.

Untuk membuat Kode Billing, Wajib Pajak dapat memperolehnya dengan 7 cara:

  1. Melalui Customer Service/Teller Bank (Untuk saat ini sudah dapat dilayani di Bank BRI, BNI, Mandiri, BCA dan Citibank. Sedangkan bank lainnya dalam tahap pengembangan sistem) dan Kantor Pos
  2. Melalui SMS ID Billing *141*500# (untuk saat ini sudah dapat diakses oleh pelanggan Telkomsel)
  3. Melalui Layanan Billing di KPP/KP2KP secara mandiri
  4. Melalui Internet Banking (untuk saat ini sudah dapat diakses oleh nasabah BRI)
  5. Melalui Penyedia Jasa Aplikasi (ASP)

Setelah Kode Billing dibuat, Kode Billing tersebut dapat dibayar dengan cara:

  1. Melalui Teller Bank dan Kantor Pos
  2. Melalui ATM
  3. Melalui Mini ATM yang terdapat di seluruh KPP dan KP2KP (untuk saat ini sudah dapat dilayani untuk nasabah Bank BRI,BNI, dan Mandiri)
  4. Internet Banking
  5. Melalui Agen Branchless Banking (untuk saat ini sudah dapat dilayani melalui BRILink)

Pemerintah sudah menyediakan kemudahan layanan pembayaran pajak, maka tak ada lagi alasan merasa repot ketika harus membayar pajak. Bersegeralah manfaatkan layanan billing system untuk kemudahan dan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *